Sabtu, 04 September 2010

Memori Immunologi

Terkadang timbul pertanyaan bahwa penyakit yang sama tidak akan menyerang untuk kedua kalinya, cacar misalnya. Akan tetapi ada juga penyakit yang sering menyerang manusia untuk kedua kalinya.

Pada umumnya kita memiliki sistem pertahanan tubuh untuk mencegah bibit penyakit yang sama menyerang keduda kalinya. sistem pertahanan tubuh manusia mampu mengenali bibit penyakit secara spesifik, hal tersebut lebih dikenal dengan memori immunologi. Perhatikan gambar berikut ....

Gambar 1. Grafik memori immunologi


Gambar tersebut menunjukan proses terjadinya infeksi bibit penyakit dan proses penanganan oleh sistem pertahanan tubuh (imun). ketika bibit penyakit tertentu (kita sebut bibit penyakit A) menyerang, maka akan terjadi respon imunitas yaitu respon primer. pada respon ini dihasilkan antibodi yang khusus untuk bibit penyakit A dan substansi  memori sistem imun. 

Lambat laun penyakit yang ditimbulkan dapat diatasi. jumlah antibodi pun akan menurun dikarenakan adanya limfosit T supressor. sedangkan substansi memori akan berada/ tersimpan dalam tubuh. oelh karena itu jika penyakit A kembali menyerang maka akan langsung dapat diatasi. Hal tersebut dapat dilihat dengan Respon pada hari ke 28. Respon yang diberikan meningkat tajam karena tidak melalui pengenalan terlebih dahulu.

Penyakit yang sama tidak akan menyerang untuk kedua kalinya. Tetapi banyak permasalahan seperti;
1. Mengapa penyakit flu sering menyerang, bukankah seharusnya telah terbentuk antibodi untuk virus flu tersebut?
2. ........................... cari sendiri deh masalahnya, :D

Tidak ada komentar: