Kamis, 01 Oktober 2009

RPP Biologi Kelas XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 1
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sabagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar : 1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur membran sel dan transpor melalui membran
I. Indikator
· Menjelaskan berbagai transport yang terjadi pada manusia (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis),
· Membandingkan berbagai transport aktif yang terjadi pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis),
· Memahami prinsip dasar transport pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis).
II. Analisis Materi Pelajaran
· Struktur membran sel
· Mekanisme pengangkutan zat melalui membran sel antara lain:
1. Difusi
2. Osmosis
3. Imbibisi
4. Transpor aktif
III. Media Pembelajaran
Peralatan yang digunakan dalam simulasi membuat teh sepert:
1. air panas,
2. air dingin,
3. air sedang (tidak terlalu panas dan dingin, misalnya air kran/air ledeng),
4. tiga buah teh celup,
5. tiga buah gelas bening yang sama, baik ukuran maupun bahan gelas tersebut.
III. Metode Pembelajaran
Demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
· Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi sebelumnya yaitu tentang struktur dan fungsi sel,
· Guru mengaitkan materi pelajaran yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya,
· Guru memberikan acuan materi pelajaran yang akan dipelajari,
· Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajak siswa membuat teh.
B. Kegiatan Kedua
· Guru meminta siswa menuangkan air panas, dingin dan sedang dengan volume yang sama ke dalam gelasi yang berbeda,
· Guru membimbing siswa mengamati parameter-parameter yang dapat diamati pada gelas tersebut, seperti warna, ukuran dan bahan gelas serta warna air, suhu air dan sebagainya,
· Guru meminta siswa salah satu siswa menuliskan hasil pengamatan di papan tulis,
· Guru meminta siswa mengemukakan perbedaan yang terjadi seandainya pada gelas-gelas tersebut dimasukan teh celup,
· Guru meminta siswa menuliskan pendapat yang dikemukakan di papan tulis,
· Guru meminta beberapa siswa untuk memasukan teh celup kepada masing-masing gelas pada waktu yang bersamaan,
· Guru membimbing siswa mengamati parameter-parameter yang muncul ketika pengamatan selama 5 menit,
· Guru meminta siswa menuliskan hasil pengamatan di papan tulis,
· Guru membimbing kembali siswa melakukan pengamatan selama 5 menit,
· Guru meminta siswa menuliskan hasil pengamatan di papan tulis,
· Guru membimbing siswa dalam diskusi hasil pengamatan,
· Guru meminta siswa menghubungkan hasil pengamatan dengan parameter-parameter yang diukur,
· Guru meminta siswa menyimpulkan hasil diskusi.
C. Kegiatan Ketiga
· Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa,
· Guru menugaskan siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku pegangan siswa,
· Peralatan yang digunakan dalam simulasi membuat teh seperti air panas, air dingin, air sedang (tidak terlalu panas dan dingin, misalnya air kran/air ledeng), tiga buah teh celup, tiga buah gelas bening yang sama baik ukuran maupun bahan gelas tersebut.
VI. Penilaian
· Laporan hasil eksperimen
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1 dan 1.2)
PERANGKAT PENILAIAN
TRANSPORT PADA MEMBRAN (KD 1.3 DALAM SK 1)
Indikator
Perangkat Penilaian
Jenjang
Kunci
Menjelaskan berbagai transport yang terjadi pada manusia (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis),
1. Perpindahan molekul-molekul dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah disebut ….
a. difusi
b. fagositosis
c. pinositosis
d. transport aktif
e. osmosis
C1
Konseptual
a
2. Osmosis adalah perpindahan molekul air melalui membran dari larutan dengan ….
a. hipertonis menuju hipotonis
b. konsentrasi larutan tinggi ke konsentrasi larutan rendah
c. kepekatan rendah menuju kepekatan tinggi
d. konsentrasi rendah menuju larutan dengan kepekatan yang rendah
e. kepekatan rendah menuju kepekatan tinggi menggunakan energi pengaktifan
C2 Konseptual
c
Membandingkan berbagai transport aktif yang terjadi pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis),
1. Difusi dan osmosis berbeda dalam hal dibawah ini, kecuali ….
a. pergerakan molekul yang dilakukan
b. ada tidaknya membran
c. molekul yang dilalukan
d. ada tidaknya energi yang digunakan
e. perbedaan konsentrasi larutan di daerah yang dituju
C2 Konseptual
d
2. Difusi dan osmosis disebut transport pasif karena ….
a. menggunakan energy pengaktifan
b. menggunakan ATP untuk transport
c. molekul bergerak dari konsentrasi tinggi menuju konsentrasi rendah
d. tidak melalui membran
e. tidak menggunakan energy dalam proses transport
C2 Konseptual
e
Memahami prinsip dasar transport pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis).
1. Pernyataan yang tepat tentang transport aktif yaitu ….
a. berjalan searah melawan perbedaan konsentrasi dan dipengaruhi oleh muatan listrik
b. berjalan dua arah yang trjadi karena terdapt perbedaan konsentrasi larutan
c. tidak memerlukanenergi ketika porses berlangsung selamaterjadinya perbedaan kadar larutan sitoplasma dalam larutan air
d. merupakan proses pemasukan dan pengeluaran cairan melalui membran sel
e. merupakan perpindahan zat dari konsentrasi tinggi menuju konsentrasi rendah
C2 Konseptual
a
2. Perhatikan gambar dibawah ini!
2. Proses transport aktif yang dimaksudkan dalam gambar adalah ….
a. difusi dan osmosis
b. difusi dan endositosis
c. transport aktif dan endositosis
d. osmosis dan transport aktif
e. endositosis dan eksositosis
C2 Konseptual
a

Tidak ada komentar: