Senin, 09 Agustus 2010

Multimedia dalam Pembelajaran Biologi


 Pengantar Multimedia dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan siswa dalam pembelajaran semakin meningkat. Siswa membutuhkan akses terhadap guru profesional, waktu kelas yang memadai, pemenuhan material belajar, penyediaan ruang kerja, dan sumber-sumber belajar yang mereka butuhkan di sekitar mereka (McLaughlin & Arbeider: 2008). Siswa membutuhkan akses tersebut agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna, sehingga perlu adanya pemenuhan terhadap kebutuhan siswa tersebut.
Menurut Rustaman et al (2003), pengalaman belajar siswa akan semakin bermakna jika siswa aktif untuk mengamati suatu hal. Dengan demikian siswa dapat menemukan persamaan atau perbedaan dari hasil pengamatan tersebut, sehingga siswa dapat mengelompokan dan mengkomunikasikan hasilnya. Berdasarkan hal tersebut jelas terlihat bahwa aspek proses perlu diperhatikan. Pengamatan merupakan salah satu KPS, begitu pula keterampilan mengelompokan dan mengkomunikasikan. Oleh karena itu KPS perlu diperhatikan dalam mengembangkan aspek proses dalam pembelajaran. Dengan demikian hasilnya dapat digunakan untuk membantu siswa dalam kebermaknaan belajar.
Pengembangan proses pembelajaran dilakukan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan siswa yang beragam. Akan tetapi keragaman kebutuhan siswa tersebut sulit dipenuhi secara keseluruhan. Oleh karena itu diperlukan sebuah format yang mampu memenuhi keberagaman tersebut. Menurut Reeds (2006), terdapat suatu format yang dapat memperkaya lingkungan belajar dengan menampilkan informasi melalui berbagai variasi penyampaian. Format tersebut adalah multimedia.
Metode pengajaran presentasi dengan menggunakan komputer sebagai tutor dapat menambah jumlah ”guru” di dalam kelas (Newby, et al: 2006). Dengan demikian seorang guru dapat memperluas perhatiannya terhadap pembelajaran di dalam kelas dengan bantuan multimedia, sehingga kebutuhan siswa terhadap guru professional dapat dipenuhi.
Menurut Munir (2009), penggunaan teknologi informasi dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu. Penerapannya terhadap multimedia secara individual dapat menyediakan waktu kelas yang memadai dan ruang kerja untuk siswa. Hal tersebut dikarenakan pada metode ini siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan belajarnya. Oleh karena itu dapat memfasilitasi kecepatan belajar siswa yang berbeda pada kelas yang sama. Siswa secara aktif memperoleh pengetahuan sesuai tuntutan kurikulum. Hal tersebut dikarenakan multimedia yang digunakan disusun untuk memfasilitasi proses belajar secara aktif.
Berdasarkan hal yang telah diuraikan siswa membutuhkan sumber-sumber dan material belajar. Siswa diharapkan mendapat kesempatan yang sama dalam memperoleh sumber dan material belajar. Akan tetapi setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda dalam memperoleh informasi. Green and Brown (2002), mendefinisikan bahwa multimedia dapat dikatakan suatu metode penyampaian informasi dengan menggunakan dua atau lebih variasi yang meliputi grafik (gambar dua dimensi), audio, text dan interaktivitas (komponen navigasi pada suatu program komputer). Menurut Newby et al (2006), grafik dan pengembangannya seperti animasi, video, dan tipe visual lainnya dapat mengakomodasi siswa dengan gaya belajar visual. Siswa auditori dapat diakomodasi gaya belajarnya dengan menggunakan komponen audio pada multimedia. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat diakomodasi dengan adanya komponen interaktivitas pada multimedia.
Secara umum penggunaan komputer sebagai tutor berpotensi terhadap hasil belajar yang lebih baik. Hal tersebut dikarenakan siswa dapat secara aktif mencari pengetahuan. Akan tetapi sebuah penelitian yang dilakukan pada praktikum komputer (Tosun, et al: 2006), menyatakan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan komputer secara individual tidak lebih baik dibandingkan melalui guru sebagai penyampai materi. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan hasilnya berbanding terbalik pada materi sistem pertahanan tubuh.

Tidak ada komentar: